Langsung ke konten utama

Laporann PLP 1

 LAPORAN INDIVIDU
  PELAKSANAAN PLP 1
 DI SMAN 1 BLEGA








DISUSUN OLEH :

Mutmainnah (1734411027)




SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
2019 LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN INDIVIDU
PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP 1)
DI SMAN 1 BLEGA
TAHUN PELAJARAN 2018/2019



Oleh


Mutmainnah (1734411027)



         Bangkalan 15 Februari 2019
Dosen Pembimbing Lapangan


Moh. Affaf, M.Si
  NIDN : 0721078802

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami sampaikan kehadirat Allah swt yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kami dalam penyelesaian laporan PLP 1, sehingga PLP 1 kami selesai dengan baik dan lancar.
Dalam PLP 1 kami ini telah kita susun dengan maksimal dengan kerjasama dan mendapat bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan laporan ini. Untuk itu kita menyampaikan banyak terima kasih kepada pihak yang telah membantu dan berkontribusi dalam pembuatan laporan PLP 1 ini.
Terlepas dari semua itu, Kita juga menyadari bahwa dalam laporan PLP 1 ini masih ada kekurangan baik dalam segi penulisan, kata dan tata bahasanya. Oleh sebab itu kami menerima saran atau masukan yang membangun agar kami bisa memperbaikinya agar lebih baik.
Dan ucapan terimakasih kepada :
Moh. Affaf, M.Si Selaku pembimbing kami dalam menyelesaikan laporan PLP 1 ini
Teman teman yang telah membantu kami dalam terselasinya makalah kami dengan tepat waktu.
Akhir kata semoga dengan laporan PLP 1 ini dapat memberikan manfaat dan berguna bagi semua pihak dan kita semua.




Bangkalan, 15 Februari 2019


Penulis,

DAFTAR ISI

COVER
LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN INDIVIDU i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
BAB I 1
PENDAHULUAN 1
1.1 Latar Belakang 1
1.2 Tujuan Penelitian 2
1.3 Manfaat Penelitian 2
BAB II 3
PENYAJIAN LAPORAN 3
2.1 Hasil Pengamatan Kultur Sekolah 3
2.2 Hasil Pengamatan Struktur Organisasi Dan Tata Kerja (STOK) 5
2.3 Hasil Pengamatan Visi dan Misi Sekolah 6
2.4 Hasil Pengamatan Kokurikuler dan Ekstra Kurikuler 7
BAB III 9
PENUTUP 9
3.1 Kesimpulan 9
3.2. Saran 9
Dokumentasi 10

 BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Ilmu pendidikan merupakan hal yang sangatlah penting bagi dunia pendidikan. Pendidikan menjadi tujuan bagi setiap orang dalam pencapaian ilmu pengetahuan. Metode atau strategi mengembangkan ilmu pengetahuan tersebut dilakukan dengan cara mempraktikkan atau menerapkan ilmu pengetahuan tersebut dijenjang pendidikan maupun lingkungan masyarakat. Ilmu pengetahuan tersebut diharapkan dapat mendidik dan menjadi bekal hidup bagi tunas-tunas bangsa yang sedang berkembang.
Perguruan tinggi sebagai salah satu tempat pendidikan yang menyediakan dan memebentuk calon-calon penerus bangsa, turut andil dalam mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan nasional. Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Dan Pendidikan, PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (STKIP PGRI BANGKALAN) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mana bertujuan mempersiapkan calon tenaga pendidik atau pengajar secara terarah, sistematis, dalam suatu jangka waktu tertentu agar di kemudian hari bisa menggunakan semua ilmu yang sudah didapat untuk menjadi tenaga pengajar pendidikan yang profesional dan bermutu dalam bersaing di dunia pendidikan. Oleh sebab itu, setiap Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  wajib melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1) disekolah-sekolah yang telah dipersiapkan.
Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1) Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI BANGKALAN atau biasa yang disebut dengan kegiatan PLP 1 merupakan salah satu kegiatan yang bersifat intrakurikuler. Untuk mahasiswa yang sudah terpenuhi syarat-syarat tertentu sesuai dengan yang telah diminta oleh pihak Fakultas Bahasa, maka wajib bagi mahasiswa untuk mengambil Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1). Mahasiswa tidak akan dapat dinyatakan lulus jika belum mengikuti Praktik Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1), karena ini adalah bagian dari kurikulum yang sudah ditetapkan oleh pihak Fakultas Bahasa. Dalam pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1) ini, mahasiswa harus berusaha semaksimal mungkin memadupadankan ilmu-ilmu yang sudah didapatkan selama perkuliahan dengan keadaan yang sebenarnya di lapangan dengan bertujuan untuk mengembangkan empat kompetensi dasar, diantaranya kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.
1.2 Tujuan Penelitian
Tujuan utama dari Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1) adalah membentuk mahasiswa praktikan menjadi calon tenaga kependidikan yang profesional sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan berdasarkan kompetensi yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial.
1.3 Manfaat Penelitian
Manfaat yang dapat diperoleh setelah mahasiswa praktikan melaksanakan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1) tahap pertama adalah :
Dengan PLP I Mahasiswa dapat mengenal lebih dalam tentang SMAN 1 BLEGA
Mahasiswa mengetahui proses kegiatan belajar dan pembelajaran di sekolah serta berbagai masalah yang mungkin timbul dan bagaimana pemecahannya.
Mahasiswa mengetahui perangkat yang diperlukan dalam pembelajaran dan model  model pembelajaran yang dilaksanakan di kelas.
Mahasiswa dapat menambah bekal materi yang akan dilaksanakan pada PLP Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1) II.

BAB II
PENYAJIAN LAPORAN

2.1 Hasil Pengamatan Kultur Sekolah

Tanggal Pengamatan        : Selasa - Rabu 12 -13/02/2019
Nama Sekolah                   : SMAN 1 BLEGA


No

Aspek Pengamatan
Keterlaksaan

Keterangan



Ya

Tdk




Bk
Kr



1
Kegiatan 3S (Senyum, Sapa, Salam)



Baik

2
Pengkondisian awal belajar



Baik

3
Upacara bendera



Baik

4
Penggunaan seragam sekolah



Baik

5
Anjuran menjaga kebersihan



Kurang

6
Anjuran Menjaga ketenangan



Kurang

7
Anjuran memanfaatkan waktu



Kurang

8
Tercipta suasana yang tenang dan
nyaman untuk belajar



Baik

9
Suasana di sekolah menyenangkan



Kurang


Keterangan: Tdk=tidak ; Bk=baik ; Kr=kurang

Uraian/Deskripsi Setiap Aspek Pengamatan
1. Kegiatan 3S
Di SMAN 1 BLEGA 3S diterapkan dengan sangat baik. Dibuktikan ketika sesama guru bertemu, mereka saling tersenyum dan menyapa. Di SMAN 1 BLEGA setiap harinya melakukan salam-salam antar guru dan siswa dengan guru menyambut kedatangan siswa di gerbang.

2. Pengkondisian Awal Belajar
Hasil Pengamatan yang saya lakukan di kelas X MIA 3  adalah Kegiatan awal yang dilakukan disana adalah pengucapan salam, seorang guru memasuki ruang kelas dan disambut dengan salam oleh siswa dan dijawab oleh guru, hal itu dilakukan setiap hari. Siswa kelas X MIA 3 tidak membaca doa ketika pelajaran akan dimulai karena di SMAN 1 BLEGA doa dipanjatkan bersamaan dan dipimpim oleh seorang guru menggunakan spiker dan doa dipanjatkan setiap hari pukul 07.00 jam masuk kelas dan 13.30 jam pembelajaran selesai. Dalam kelas X MIA 3 tidak ada refleksi yang dilakukan baik sebelum pelajaran dimulai ataupun diakhir pelajaran. Setelah guru mengucapkan salam sebagai tanda dimulainya kegiatan belajar mengajar guru terlebih dahulu mengulang materi minggu lalu (Debat) dengan menanyakan pada siswa tentang materi tersebut, setelah itu guru melanjutkan dengan menjelaskan materi unsur-unsur debat (emosi/mosi) dimana guru tersebut menugaskan siswa secara berkelompok untuk mencari mosi yang akan dibahas.
3. Upacara Bendera
Dengan disiplin setiap hari senin SMAN 1 BLEGA selalu melakukan upacara bendera, bahkan untuk hari besar Nasional seperti 17 agustus, hari pahlawan, hari guru, dan lainnya.
4. Penggunaan Sekolah
Untuk penggunaan seragam sekolah, di SMKN 1 BLEGA sangatlah baik. Semua siswa dengan rapi memakai seragam yang telah ditentukan oleh pihak sekolah lengkap dengan atributnya. Disana juga terdapat seragam Lab dan olahraga.
5. Anjuran Menjaga Kebersihan
Untuk kebersihan di SMAN 1 BLEGA bisa dikatakan baik, baik dalam kelas maupun luar kelas atau lingkungan sekolah. Terdapat tempat sampah di setiap depan kelas juga dalam kelas namun disana tidak ada anjuran/pamflet untuk menjaga kebersihan.
6. Anjuran Menjaga Ketenangan
Sama seperti kebersihan di SMAN 1 BLEGA tidak terdapat anjuran menjaga ketenangan, manun disana cukup tenang, semua siswa cukup kondusif saat KBM berlangsung. 7. Anjuran Menjaga Waktu
Begitu pula dengan anjuran menjaga waktu, tidak ada anjuran/pamflet untuk menganjurkan siswa untuk menjaga waktunya. Namun walau disana tidak terdapat pamflet, kedisiplinan di SMAN 1 BLEGA patut diacungi jempol. SMAN 1 BLEGA sangat menjungjung tinggi kedisiplinan terutama kepala sekolahnya.
8. Tercipta Suasana yang Tenang dan Nyaman untuk Belajar
Untuk suasana yang tenang dan nyaman di SMAN 1 BLEGA bisa dibilang baik, karena terdapat lingkungan yang kondusif dan siswa juga tidak ada yang berkeliaran di luar kelas saat KBM berlangsung.
9. Suasana Sekolah Menyenangkan
Sarana dan prasarana sangatlah penting, karena itu SMAN 1 BLEGA menyediakan sarana dan prasarana yang layak untuk siswa. Diantaranya adalah kelas, lapangan olahraga, kantin, musholla. Dan untuk pelayanan guru terhadap siswa  di SMAN 1 BLEGA sangat baik, mulai dari datang tepat waktu hingga cara mengajar guru.
2.2 Hasil Pengamatan Struktur Organisasi Dan Tata Kerja (STOK)
Tanggal Pengamatan          : Kamis, 14 fabruari 2019
Nama Sekolah                       : SMAN 1 BLEGA


No

Visi dan Misi Sekolah
Keterlaksaan

Keterangan



Ya
Tdk




Bk
Kr



1
Ada bagan struktur organisasi
Sekolah





2
Ada deskripsi tugas untuk masing- masing komponen organisasi






Keterangan: Tdk=tidak ; Bk=baik ; Kr=kurang

Uraian/Deskripsi SOTK Sekolah
1. Terdapat SOTK di SMAN 1 BLEGA,  susunan SOTK tersebut terletak dalam lampiran
2. Deskripsi tugas masing-masing komponen juga terletak dalam lampiran.


2.3 Hasil Pengamatan Visi dan Misi Sekolah
Tanggal Pengamatan          : 14 februari 2019
Nama Sekolah                       : SMAN 1 BLEGA


No

Visi dan Misi Sekolah
Keterlaksaan

Keterangan



Ya
Tdk




Bk
Kr



1
Ada bagan struktur organisasi
Sekolah



Baik

2
Ada deskripsi tugas untuk masing- masing komponen organisasi



Baik


Keterangan: Tdk=tidak ; Bk=baik ; Kr=kurang

Uraian/Deskripsi Visi dan Misi Sekolah
1.  Visi dan Misi Sekolah
Visi Sekolah
"Santun dan Berprestasi"
Misi Sekolah
Santun dalam berucap
Santun dalam berpakaian
Santun dalam perilaku untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan
Prestasi yang baik dalam bidang olahraga dan akademik
Visi Misi Sekolah di SMAN 1 BLEGA terlaksana dengan baik. Di tunjukkan ketika berbicara dengan sesama guru ataupun dengan peserta didik kepala sekolah menganjurkan agar santun dalam berucap dan itu terbukti setelah saya mengamati selama kurang lebih 1 minggu.
Santun dalam berpakaian juga terlaksana dengan sangat baik, bisa dilihat dengan cara berpakain setiap guru yang selalu rapi dan memggunakan seragam yang ditentukan oleh pihak sekolah juga dengan siswa.
Santun dalam perilaku untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan bisa kalian buktikan dengan setiap minggu terlaksananya yasinan dan khotmil qur'an disetiap bulannya juga sholat teraweh berjemaah saat pondok romadhon.

Prestasi yang baik dalam bidang olahraga dan akademik dibuktikan dengan juara Volly tingkat kabupaten, juara Ekonomi dan Akuntansi 2016 di Unera, 2015 di UTM, 2017 Unera.
2. Terdapat pemaran Visi dan Misi Sekolah disebelah kanan gedung kepala sekolah.
2.4 Hasil Pengamatan Kokurikuler dan Ekstra Kurikuler
Tanggal Pengamatan          : 14 februari 2019
Nama Sekolah                   : SMAN 1 BLEGA


No
Kegiatan Kokurikuler dan
Ekstrakurikuler
Keterlaksaan

Keterangan



Ya
Tdk




Bk
Kr



1
Ada kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler



Baik

2
Ada jadwal pelaksanaan
kokurikuler dan ekstrakurikuler



Baik

3
Ada pembinaan kokurikuler dan
Ekstrakurikuler



Baik

4
Setiap guru menjadi pembina
kokurikuler dan ekstrakurikuler



Kurang

5
Setiap siswa wajib mengikuti
kokurikuler dan ekstrakurikuler



Kurang


Keterangan: Tdk=tidak ; Bk=baik ; Kr=kurang
Uraian/Deskripsi Setiap Aspek Pengamatan
Ada kegiatan kurikuler dan Ekstrkurikuler
Untuk kegiatan Kokurikuler dan ekstrakuriler terlaksana dengan baik, dengan adanya jadwal yang sudah ditentukan.
Ada jadwal pelaksanaan kokurikuler dan ekstrakurikuler
Pihak sekolah menyediakan jadwal kokurikuler dan ekstrakurikuler namun tidak dipaparkan berbentuk pamflet. Dan untuk jadwal kokurikuler tidak ditentukan/kondisional sedangkan jadwal untuk ekstra terlaksana setiap hari kecuali hari kamis.
Ada pembinaan kokurikuler dan ektrakurikuler
Jika ada kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler tentunya juga terdapat pembina agar kegiatan tersebut terlaksana dengan baik. Kokurikuler di SMAN 1 BLEGA dibimbing oleh guru Ekonomi yang bernama Eka dan untuk pembina ekstrakurikuler ada beberapa pembimbing yang berasal dari dalam maupun luar Sekolah.
Setiap guru menjadi pembina kokurikuler dan ekstrakurikuler
Hanya beberapa guru yang bertugas menjadi pembimbing ektrakurikuler dari dalam maupun luar sekolah

Setiap siswa wajib mengikuti kokurikuler dan ekstrakurikuler
           Setiap siswa tidak diwajibkan untuk mengikuti kokurikuler ataupun ekstrakurikuler.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Kegiatan PLP I merupakan kegiatan serangkaian dengan kegiatan PPL yang wajib dilakukan mahasiswa kependidikan sebagai muwud/praktek dan pengabdian terhadap masyarakat sesuai dengan tridarma perguruan tinggi.
Kegiatan PLP kegiatan langkah dari sekolah tinggi untuk mempersiapkan tenaga pendidik yang berkulitas, berkopentensi, berpengalaman, bertanggung jawab dan mandiri. Dengan adanya PLP I, diharap calon pendidik mendapat pengalaman yang berharga dan menjadi tenaga yang menjungjung profesionalisme guru serta mampu bersaing memperjuangkan kemajuan dunia pendidikan.
3.2. Saran
Pelaksana PLP I berjalan dengan baik tetapi tidak sepenuhnya sempurna masih banyak kekurangan-kekurangan yang sangat perlu diperhatikan. Oleh karena itu, kami perlu beberapa masukan, perhatian dan tindak lanjut.

Dokumentasi
 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sahabat dan Cinta

Mataku sembab dan kepalaku terasa berat. Masih membekas sisa tangisku tadi malam. Kupaksakan diri untuk bangun, aku harus segera mandi dan segera berangkat. Hari ini ada pelajaran akuntansi. Pelajaran yang tak menggunankan ilmu hafalan ini sering membuatku pusing karena harus menghitung uang yang hanya ada dalam bayangan. “kamu kenapa din?” tanya ayu heran melihat mataku yang sembab. Aku hanya diam dan menunduk. “maafkan aku yu yang belum bisa menceritakan semua ini padamu, aku masih butuh waktu untuk menenangkan hatiku yang hancur” gumamku dalam hati. Aku merasa sangat bersalah, tapi aku belum siap mengatakan apa yang terjadi. Pagi ini aku berangkat terlalu pagi, keheningan masih terasa. Kulangkahkan kakiku menuju taman sekolah, duduk di bangku dekat mawar merah, kupandang mawar tersebut, indah namun banyak duri yang siap melukai. “ini hati bukan batu” jelas sekali kata itu terdengar di telingaku, kata yang tak pernah aku duga sebelumnya, yang tak pernah aku sangka Bagas akan meng

Tak Perlu Mendua

Jika kau bosan bersamaku dan berniat mencari yang lain Tak perlu mempertahankan ku dan memutuskan untuk mendua Aku akan pergi dengan suka rela Aku akan pergi Jika benar rasa itu tak lagi milikku Aku akan pergi Jika rindu itu tidak lagi menjadi alasanmu Jangan lagi berdebat Tak perlu kau jadikan pertentengkaran itu sebagai alasanmu untuk mendua